Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah

Posted on

Cara Mempercepat Kinerja Android – Di era teknologi yang semakin maju dari waktu ke waktu ini tentu semua orang tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Berbicara soal smartphone, hampir 50% pangsa pasar smartphone dunia dikuasi oleh produk dari Tiongkok. Hal ini tidak lepas dari harga yang terjangkau namun menawarkan spesifikasi kinerja yang mumpuni. Dibanding smartphone dengan platform lain, smartphone berbasis Android ini bisa dikatakan sempurna dan mungkin hal ini yang menjadikan masyarakat dunia lebih memilih ponsel Android ketimbang ponsel lainnya.

Dari waktu ke waktu saja pengguna android kian meningkat pesat. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat ponsel android ini lebih banyak didukung oleh fitur menarik didalamnya. Namun diluar itu semua, smartphone Android memiliki kelemahan yang sering terjadi dan membuat siapa saja penggunanya merasa jengkel, seperti salah satunya kinerja yang menurun dan lemot. Pasti sebagian pengguna Android pun merasakan permasalah ini pada ponsel android miliknya yang jauh berbeda ketika baru dibeli di toko.

Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah

Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah

Banyak sekali faktor yang membuat kinerja dari Android yang kita miliki menjadi lambat, bisa karena kapasitas RAM yang minim atau bisa juga diakibatkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di backdround layar android, jadi kinerja ponsel menjadi lemot atau lambat. Hal lain yang menyebabkan lemotnya kinerja android bisa karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang didalamnya, atau bahkan paling parah mengakibatkan ponsel android menjadi hang. Karena ponsel yang hang/macet membuat file yang sudah tersimpan didalam ponsel android akan hilang yang diakibatkan rusaknya sistem ketika masalah tersebut menimpa ponsel android kita.

Untuk itu sebagai langkah antisipasi, anda perlu cermat dalam memanagemen fitur dan aplikasi yang akan anda pasang di smartphone. Tidak hanya itu saja, anda juga harus melakukan restart secara berkala agar ponsel kembali segar dan mampu berjalan dengan baik kembali. Sebenarnya masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja dari ponsel android. Cara ini terbilang cukup efektif, penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengganti SD Card

Lambatnya kinerja smartphone Android bisa diakibatkan karena penuhnya SD Card yang digunakan. Solusi terbaik adalah hapus file yang kira-kira tidak penting yang ada didalamnya atau jika memungkinkan gantilah SD card dengan yang baru dan memiliki kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya. Penuhnya SD card yang disebabkan aplikasi atau file lain yang terdapat didalamnya memang menjadikan kinerja smartphone lemot.

Disarankan untuk menggunakan SD Card Class 10 ke atas. Selain kegunaannya untuk menyimpan beragam file seperti gambar, video dan musik, SD Card juga turut andil dalam meningkatkan performa ponsel Android kita, terlebih lagi dalam hal gaming. Maka dari itu anda perlu kiranya memakai memori eksternal atau SD card minimal Class 10, hal ini berdampak pada cepatnya pengolahan data dari ponsel android yang kita miliki serta mampu mengurangi terjadinya lag ketika bermain game khususnya game HD.

2. Menggunakan RAM Boosters

Membersihkan RAM secara berkala mampu mempercepat kinerja dari ponsel Android kita. Ya, karena setelah memakai sebuah aplikasi kita lupa membersihkannya dari RAM, hal ini akan menyebabkan kapasitas RAM berkurang sehingga kinerja ponsel akan lelet atau lambat. Atau anda bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti RAM Booster untuk mempercepat kinerja smartphone android anda, cara ini terbilang cukup efektif dalam menangani smartphone yang lemot.

3. Memanage Penyimpanan Internal

Selain penyimpanan eksternal yang penuh akan mengakibatkan smartphone lemot, penuhnya memory internal pun akan mengakibatkan permasalahan yang sama. Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama LagFix, dimana aplikasi ini akan menghapus aplikasi yang kurang penting sehingga kinerja smartphone anda kembali normal dan tidak lelet.

4. Mematikan Animasi Lewat Menu Developer

Penyebab leletnya ponsel android yang kita miliki karena fitur bawaan pada smartphone itu sendiri. Dalam langkah ini anda hanya perlu masuk ke menu Developer Option, kemudian ke pengaturan dan anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Didalam menu ini anda dapat mematikan animasi yang berjalan di background, sehingga kinerjanya bisa lebih cepat lagi dari sebelumnya dan terasa lebih ringan.

5. Mengganti Launcher

Cara selanjutnya ialah mengganti launcher bawaan dengan launcher yang ada di Play Store atau market android lainnya. Namun, anda harus memilih launcher dengan kapasitas kecil agar pada saat diterapkan tidak membenai smartphone android anda sehingga kinerjanya menjadi lelet.

Cara mempercepat kinerja Android di atas memang cukup mudah untuk dilakukan sendiri dan hasilnya pun terbukti efektif. Menariknya lagi anda tidak perlu langkah root pada ponsel anda untuk melakukan cara ini.

Selanjutnya kami akan mengungkapkan tips ampuh mengatasi ponsel Android lemot. Cara yang paling ampuh dalam mengatasi android lemot adalah dengan di rooting/root, namun dalam melakukan ini anda perlu memiliki skill atau keahlian khusus, karena jika salah sedikit saja akan menimbulkan permasalahan pada perangkat android anda. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah, penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips Ampuh Mengatasi Ponsel Android Lemot

  • Tidak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

Menajalankan beberapa aplikasi sekaligus akan menyebabkan kinerja android menjadi lemot karena ruang pada RAM menjadi penuh sesak, sehingga menurunkan performa dari RAm itu sendiri. Jadi silahkan anda jalankan aplikasi yang memang anda butuhkan anda agar kinerja android menjadi lebih cepat dan tidak lelet atau lemot.

  • Pindahkan atau Install Aplikasi ke ROM (memori eksternal)

Memindahkan aplikasi ke memori eksternal (ROM) memang terbilang cukup ampuh dalam menyelesaikan masalah android lemot. Dengan menggunakan cara ini ruangan memori internal menjadi lega karena sebagian data atau file telah dimasukan atau dipindahkan ke memori eksternal. Memori internal yang lega juga mendukung kinerja smartphone agar lebih cepat dan tidak lelet.

  • Hapus Cache Secara Berkala

Kita sering beranggapan jika setelah melakukan un instal pada sebuah aplikasi, aplikasi itu akan hilang atau terhapus permanen. Tapi nyatanya masih ada sisa-sisa seperti file atau folder dari aplikasi yang kita un-install didalam memori eksternal maupun internal. Itulah yang kita sebut sebagai cache. Menumpuknya cache di perangkat android akan membuat kinerjanya menjadi lelet, untuk itu bersihkan cache secara rutin.

  • Tidak Memakai Live Wallpaper

Perangkat Android yang memakai Live Wallpaper sekilas akan terlihat keren dan menarik. Namun fakta berbicara sebaliknya, ponsel android dengan live wallpaper akan menghambat kinerja ponsel karena memakai banyak space pada RAM. Selain itu, baterai pada smartphone android anda akan cepat habis. Solusi terbaik adalah gunakan saja gambar atau wallpaper biasa agar RAM memiliki banyak ruang kosong sehingga android anda tidak lelet bin lemot.

Demikianlah tips mengatasi smartphone lelet yang kami bagikan untuk anda semua. Semoga setelah ini anda faham penyebab dari ponsel android menjadi lemot. Namun jika langkah-langkah atau tips di atas sudah anda ikuti tapi hasilnya masih tetap lelet, mungkin anda memang perlu melakukan rooting/root pada ponsel android anda. Jika bisa sendiri lakukan sendiri tapi jika tidak bisa anda bisa membawa ke ahlinya. Sampai jumpa lagi dan semoga bermanfaat.

Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *