Trik Overclock Prosesor Di Ponsel Android

Trik Overclock Prosesor Di Ponsel Android – Sekarang ini sudah banyak sekali pabrikan smartphone yang menjual produk besutannya dengan bandrol murah meriah. Mayoritas smartphone yang dijual dengan harga murah tersebut didominasi oleh ponsel Android buatan China. Ya, bahkan sampai lebih dari 30% pangsa pasar smartphone diseluruh dunia didominasi oleh China. Hal tersebut cukup membuktikan kalau minat masyarakat akan ponsel China kian meningkat pesat, pasalnya harga yang murah serta dibekali kualitas bersaing.

Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua ponsel android murah tersebut memiliki kinerja yang prima. Oleh karena itu, banyak konsumen yang kurang puas dan ingin lebih meningkatkan kinerja dari ponsel murah miliknya sehingga lebih apik dan handal. Salah satu cara yang dapat anda pakai adalah dengan cara Overclock CPU atau prosesor. Overclock sendiri adalah sebuah cara yang dilakukan untuk meningkatkan frekuensi (clock) yang terdapat pada prosesor Android yang mampu melewati batas clock prosesor yang telah disetel oleh sang pabrikan.

Overclock Prosesor Di Ponsel Android

Adapun tujuan dari Overclock sendiri adalah agar lebih bisa memaksimalkan performa dari prosesor sehingga bisa lebih cepat dalam memproses data yang masuk. Namun bukan berarti Overclock tidak tanpa resiko. Salah satu resiko terbesar dalam melakukan Overclock ini adalah overheat atau terbakar pada prosesor.

Advertisement

Kalau prosesor sudah terbakar atau overheat, pastinya ponsel Android kita sudah tidak dapat dioperasikan lagi. Jadi, anda harus lebih berhati-hati jika ingin melakukan cara overclock pada smartphone Android anda. Dibawah ini ada cara-cara yang bisa dilakukan agar bisa melakukan overclock pada CPU Android anda.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi khusus dengan nama SetCPU. Berikut merupakan tutorial overclock untuk hp Android dengan aplikasi SetCPU dengan aman dan mudah. Penasaran dengan cara lengkapnya? Simak saja ulasan lengkapnya dibawah ini.

  1. Pastikan terlebih dulu kalau smartphone Android anda sudah dalam kondisi root.
  2. Kemudian anda unduh dan instal aplikasi SetCPU tersebut. Anda bisa mengunduhnya lewat Google Play Store.
  3. Jika sudah di install, jalankan aplikasi tersebut.
  4. Kalau sudah masuk ke aplikasi tersebut, anda akan mendapatkan dua pilihan menu, yaitu “Custom Setup Advance” dan “Continue Recommended”. Sebaiknya anda memilih “Custom Setup Advance” supaya kita lebih bisa melakukannya settingan dengan leluasa.
  5. Setelah itu, anda atur frekuensi yang terdapat ditampilan layar dengan nilai maksimal.
  6. Jika sudah, pilihlah menu Profiles lalu centang enable profile.
  7. Lalu klik menu Add kemudian tekan tombol “+”.
  8. Kemudian pilih mode yang anda inginkan untuk di overclock, misal App.
  9. Setelah App dipilih, anda harus memilih aplikasi.
  10. Ubahlah settingan set the I/O Scheduler ke cfq.
  11. Jika sudah, klik next.
  12. Selesai, rasakan perbandingan sebelum dan sesudah di overclock.

Bagaimana, cukup mudah atau masih belum mengerti? cara Overclock tadi dapat anda gunakan untuk lebih memaksimalkan kinerja ponsel Android anda. Nah, untuk anda para gamers yang memang membutuhkan ponsel android dengan kinerja tinggi mungkin bisa menjajal cara yang satu ini. Demikian ulasan kami dan semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan. Selamat mencoba.

Trik Overclock Prosesor Di Ponsel Android | acim | 4.5