Inilah Perbedaan SSD dan HDD, Bagi Anda Yang Belum Mengetahui

Inilah Perbedaan SSD dan HDD, Bagi Anda Yang Belum Mengetahui – SSD dan HDD merupakan sebuah sistem penyimapan data eksternal yang fungsinya sebagai tempat menyimpan data dan instalasi data di PC atau laptop. Nah, bagi anda yang terbiasa bergelut dengan PC atau laptop mungkin sudah akrab dan tidak asing lagi dengan pengertian dari SSD dan HDD. Namun, apakah anda tahu apa perbedaan dari kedua penyimpanan data eksternal tersebut, dipekan kali ini kami sengaja akan membahas semua yang menyangkut tentang SSD dan HDD yang harus anda ketahui lebih lanjut.

Pertama yang akan dibahas adalah SSD atau kepedekan dari Solid State Drive. SSD sendiri mempunyai etos kerja yang canggih dan yang pasti lebih cepat dalam membaca data serta proses baca tulis data. Untuk ukuran, SSD ini lebih kecil ketimbang HDD yang kita ketahui bersama memiliki ukuran yang lebih besar, itulah mengapa sebabnya harga dari SSD ini lebih mahal ketimban harga dari HDD. Ada klaim yang mengatakan kalau data yang tersimpan dalam SSD (Solid State Drive) ini mampu tersimpan mencapai 200 tahun tanpa harus takut data akan hilang secara tiba-tiba. Itulah kemajuan yang bisa dibilang begitu pesat dalam dunia Hard Drive Komputer.

HDD dan SSD

Sistem kerja SSD sendiri bisa bilang memiliki kemiripan dengan flash disk, bahkan ada banyak yang mengatakan kalau SSD ini merupakan varian terbaru dari flash disk. Namun bedanya, SSD lebih canggih dan SSD juga memakai rangkaian IC sebagai memori yang dipakai untuk menyimpan informasi atau data. Nah, untuk bisa menyimpan data atau juga mengambil informasi, SSD bergerak secara eletrik dengan kinerja yang lebih cepat ketimbang HDD. SSD juga sudah memakai komponen flash memori dengan basis NAND yang bisa dibilang merupakan type memori Non-Volatile. Non-Volatile sendiri memiliki artian teknologi yang berkemampuan menyimpan data walaupun pasokan tegangannya di matikan, hal tersebut juga mengakibatkan data akan lebih aman dan tidak gampang hilang walaupun kondisi tidak ada daya listrik atau konsleting.

Advertisement

Sedangkan untuk HDD merupakan sistem penyimpanan data yang kependekan dari Hard Disk Dribe. HDD sendiri merupakan sistem penyimpanan data yang tetap memakai teknologi mekanik untuk dapat mengambil atau menyimpan suatu informasi dan data. Jika kita bandingkan dengan SSD, HDD jelas sudah jauh tertinggal teknologinya, akan tetapi hal tersebut bukan berarti perangkat HDD ini sudah jarang atau tidak ada peminatnya. Ada banyak pengguna PC/laptop yang masih berminat memakai HDD ini, alasannya jelas harga dari HDD ini jauh lebih murah ketimbang SSD

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang perbadaan SSD dengan HDD, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan anda semua. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami yang satu ini. Sampai jumpa dilain kesempatan.

Inilah Perbedaan SSD dan HDD, Bagi Anda Yang Belum Mengetahui | acim | 4.5