Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus – Android merupakan sebuah platfom canggih buatan google yang memiliki berbagai layanan canggih didalamnya sehingga banyak merk smartphone dan tablet yang menggunakan platfom atau sistem operasi tersebut. Namun meskipun begitu, nyatanya android juga rentan bermasalah, salah satunya terinfeksi virus atau malware.

Virus umumnya disisipkan dalam aplikasi kemudian akan menginfeksi perangkat Android anda setelah aplikasi tersebut berhasil anda diinstal. Meski Google Play Store sendiri sudah menggunakan fitur guna memfilter aplikasi yang berbaya, tapi tak sedikit virus maupun malware yang lolos filter tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa untuk mengatasi android terinfeksi virus maka kita harus menggunakan aplikasi antivirus. Namun pada kenyataanya kita tidak harus memakai antivirus saja. Karena kita juga bisa menghilangkan virus walau tanpa antivirus. Bagaimana caranya? silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

  1. Masuk Safe Mode

Hal pertama yang dapat anda lakukan terlebih dahulu anda harus masuk ke tampilan safe mode. Disini anda akan lebih leluasa karena semua aplikasi akan hilang terkecuali aplikasi inti. Anda pun jangan khawatir karena aplikai yang hilang hanyalah sementara saja. Didalam tampilan safe mode anda dapat dengan mudah membersihkan file – file sampah yang diduga virus ataupun malware.

  1. Cek Aplikasi dan Hapus

Disini Smartphone android anda masih dalam kondisi safe mode, silahkan anda cek aplikasi yang terinstal di HP Android anda. Kemudian silahkan anda masuk ke menu settings – aplications – download. Dan silahkan anda dapat melihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan. Dan apabila ada, silahkan anda uninstall aplikasi tersebut. Dengan anda akan dapat menghilangkan virus di android tanpa software atau antivirus.

  1. Hapus Akses Administrator

Disini pun masih dalam kondisi safe mode, silahkan anda hapus akses administrator aplikasi yang mencurigakan anda. Dengan cara , silahkan anda masuk ke menu settings – security – device administrator. Dan silahkan anda lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan. Jika ada, silahkan hilangkan akses administrator aplikasi tersebut sehingga virus yang ada dalam aplikasi tersebut akan hilang seketika.

  1. Keluar Safo Mode

Jika semua proses di atas telah selesai, hal ini menandakan virus ataupun malware yang telah menyerang HP Android anda telah hilang. Nah, silahkan anda keluar dari safe mode dan kembali lagi ke dalam tampilan normal. Hal ini yang nantinya akan membuat scanning vrus secara manual sehingga viru yang ada didalam hp android anda akan hilang saat itu juga tanpa menggunakan aplikasi antivirus.

Seperti itulah informasi yang bisa kami bagikan kali ini mengenai Cara Menghilangkan Virus di Android. Nah bagi anda yang memiliki perangkat android terinfeksi virus, silahkan anda terapkan tutorial yang kami share diatas.

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus | Dady Daiz | 4.5