Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah

Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah – Banyak sekali faktor yang membuat kinerja dari Android yang kita miliki menjadi lambat, bisa karena kapasitas RAM yang minim atau bisa juga diakibatkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di backdround layar android, jadi kinerja ponsel menjadi lemot atau lambat. Hal lain yang menyebabkan lemotnya kinerja android bisa karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang didalamnya, atau bahkan paling parah mengakibatkan ponsel android menjadi hang. Karena ponsel yang hang/macet membuat file yang sudah tersimpan didalam ponsel android akan hilang yang diakibatkan rusaknya sistem ketika masalah tersebut menimpa ponsel android kita.

Untuk itu sebagai langkah antisipasi, anda perlu cermat dalam memanagemen fitur dan aplikasi yang akan anda pasang di smartphone. Tidak hanya itu saja, anda juga harus melakukan restart secara berkala agar ponsel kembali segar dan mampu berjalan dengan baik kembali. Sebenarnya masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja dari ponsel android. Cara ini terbilang cukup efektif, penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah

1. Mengganti SD Card

Advertisement

Lambatnya kinerja smartphone Android bisa diakibatkan karena penuhnya SD Card yang digunakan. Solusi terbaik adalah hapus file yang kira-kira tidak penting yang ada didalamnya atau jika memungkinkan gantilah SD card dengan yang baru dan memiliki kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya. Penuhnya SD card yang disebabkan aplikasi atau file lain yang terdapat didalamnya memang menjadikan kinerja smartphone lemot.

2 Menggunakan RAM Boosters

Membersihkan RAM secara berkala mampu mempercepat kinerja dari ponsel Android kita. Ya, karena setelah memakai sebuah aplikasi kita lupa membersihkannya dari RAM, hal ini akan menyebabkan kapasitas RAM berkurang sehingga kinerja ponsel akan lelet atau lambat. Atau anda bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti RAM Booster untuk mempercepat kinerja smartphone android anda, cara ini terbilang cukup efektif dalam menangani smartphone yang lemot.

3. Memanage Penyimpanan Internal

Selain penyimpanan eksternal yang penuh akan mengakibatkan smartphone lemot, penuhnya memory internal pun akan mengakibatkan permasalahan yang sama. Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama LagFix, dimana aplikasi ini akan menghapus aplikasi yang kurang penting sehingga kinerja smartphone anda kembali normal dan tidak lelet.

4. Mematikan Animasi Lewat Menu Developer

Penyebab leletnya ponsel android yang kita miliki karena fitur bawaan pada smartphone itu sendiri. Dalam langkah ini anda hanya perlu masuk ke menu Developer Option, kemudian ke pengaturan dan anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Didalam menu ini anda dapat mematikan animasi yang berjalan di background, sehingga kinerjanya bisa lebih cepat lagi dari sebelumnya dan terasa lebih ringan.

5. Mengganti Launcher

Cara selanjutnya ialah mengganti launcher bawaan dengan launcher yang ada di Play Store atau market android lainnya. Namun, anda harus memilih launcher dengan kapasitas kecil agar pada saat diterapkan tidak membenai smartphone android anda sehingga kinerjanya menjadi lelet.

Cara mempercepat kinerja Android diatas memang cukup mudah untuk dilakukan sendiri dan hasilnya pun terbukti efektif. Menariknya lagi anda tidak perlu langkah root pada ponsel anda untuk melakukan cara ini. Demikian informasi yang bisa kami bagikan untuk anda dipekan kali ini. Semoga bermafaat.

Cara Mempercepat Kinerja Android Dengan Mudah | acim | 4.5